Pengertian Komputer. Definisi dari komputer adalah alat yg dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yg telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yg perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yg tidak berhubungan dengan matematika. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus & seterusnya, sampai semua komputer elektronik yg kontemporer. Istilah lebih baik yg cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yg berbeda dalam kata "KOMPUTER", & beberapa kata yg berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yg melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yg menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat & Inggris yg pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yg disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Pengertian Komputer
Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yg hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat yg paling membedakan mereka dari alat penghitung yg terdahulu ialah dengan pemrograman yg benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan & kecepatan yg berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yg akan diciptakan manusia di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yg berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yg lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yg mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, & yg pertama kali muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam
Sekitar 20 tahun yg lalu, banyak alat rumah tangga, khususnya panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA & banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, & alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik seperti komputer yg memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yg akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Maksud khusus komputer yg lain secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yg membatasi definisi komputer kepada alat yg maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yg lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, & dapat diubah untuk berbagai maksud oleh pengguna tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, & komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yg mendapat definisi ini.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yg dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yg diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yg dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yg harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yg diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, & apa yg sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yg belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yg mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yg lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, & berbagai macam informasi. Informasi yg bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis & kapur yg dapat ditulis & dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yg tidak dapat dihapus. Ukuran masing-masing sel, & jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, & teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yg diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yg diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yg ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output & storage untuk melaksanakan instruksi yg saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yg asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika & Logika, & sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yg biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika & Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yg melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, & semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), & pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yg sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yg dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan & mendapatkan kembali informasi (dari memori) yg diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, & memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yg sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yg hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat yg paling membedakan mereka dari alat penghitung yg terdahulu ialah dengan pemrograman yg benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan & kecepatan yg berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yg akan diciptakan manusia di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yg berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yg lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yg mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, & yg pertama kali muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam
Sekitar 20 tahun yg lalu, banyak alat rumah tangga, khususnya panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA & banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, & alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik seperti komputer yg memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yg akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Maksud khusus komputer yg lain secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yg membatasi definisi komputer kepada alat yg maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yg lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, & dapat diubah untuk berbagai maksud oleh pengguna tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, & komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yg mendapat definisi ini.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yg dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yg diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yg dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yg harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yg diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, & apa yg sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yg belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yg mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yg lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, & berbagai macam informasi. Informasi yg bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis & kapur yg dapat ditulis & dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yg tidak dapat dihapus. Ukuran masing-masing sel, & jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, & teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yg diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yg diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yg ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output & storage untuk melaksanakan instruksi yg saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yg asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika & Logika, & sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yg biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika & Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yg melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, & semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), & pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yg sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yg dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan & mendapatkan kembali informasi (dari memori) yg diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, & memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yg sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.
Masukan & hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, & menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yg akrab keyboard, monitor & disk drive, ke yg lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, & sebagainya. Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yg bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yg bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, & menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yg akrab keyboard, monitor & disk drive, ke yg lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, & sebagainya. Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yg bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yg bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yg dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yg dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yg dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, & tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, & tempat akibat di sel 013", & "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345". Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yg didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yg kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter & kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yg jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU & unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yg dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yg kecil dekat UPS. Alat yg menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O. Beberapa komputer yg lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS & unit kontrol yg bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yg dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian & perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah & data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, & perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, & banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yg umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yg diatur oleh orang pandai, pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) & lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain". Sekarang ini, kebanyakan komputer dapat melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua & melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yg kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yg dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yg biasanya menguasai kali ini membagikan
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, & banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yg umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yg diatur oleh orang pandai, pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) & lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain". Sekarang ini, kebanyakan komputer dapat melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua & melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yg kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yg dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yg biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi adalah semacam gabungan dari potongan kode yg berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi. Sistem operasi, menentukan program mana yg akan dijalankan, kapan, & alat yg mana (seperti memori atau I/O) yg mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti kode yg membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yg terhubung pada komputer.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) & perangkat keras (hardware).
Sistem operasi adalah semacam gabungan dari potongan kode yg berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi. Sistem operasi, menentukan program mana yg akan dijalankan, kapan, & alat yg mana (seperti memori atau I/O) yg mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti kode yg membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yg terhubung pada komputer.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) & perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data
- Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan data semi permanen
- Perangkat masukan, media yg digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, & tablet
- Perangkat keluaran, media yg digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor & printer
Perangkat lunak
Sistem operasi
Sistem operasi
- Program dasar pada komputer yg menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yg biasa digunakan adalah Linux, Windows, & Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program komputer
- Merupakan aplikasi tambahan yg dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok & mainkan, artinya perangkat yg dapat dihubungkan ke komputer & langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
Komputer analog
Komputer pulsa
Mikrokomputer
Komputer rumah (home computer)
Komputer pribadi (PC)
Server
Minikomputer
Mainframe computer
Superkomputer
Komputer analog
Komputer pulsa
Mikrokomputer
Komputer rumah (home computer)
Komputer pribadi (PC)
Server
Minikomputer
Mainframe computer
Superkomputer
Artikel Lainnya: Definisi dan Pengertian Zaman Prasejarah, Definisi dan Pengertian Sejarah Kuno, Definisi dan Pengertian Ilmu Arkeologi, Definisi dan Pengertian Paleolitikum, Definisi dan Pengertian Sejarah, Definisi dan Pengertian Komunikasi
Demikian artikel Pengertian Komputer : Jenis, Cara Kerja, Jenis Komputer dan semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar